Pages

Wednesday, April 18, 2012

PENGGABUNGAN OBJEK

Pengenalan order <<
Order gambar adalah cara pandang mata dalam melihat gambar. Perlu diketahui, bahwa setiap kita melakukan operasi gambar baru, akan diletakkan di bagian paling atas. Proses ini akan terus berlangsung, dan akan terlihat apabila kita menumpuk gambar yang kita buat. Gambar pertama yang kita buat akan diletakkan paling bawah.
corel order 1.gifPerhatikan gambar disamping. Kotak besar berwarna oranye, akan berada pada posisi paling bawah dikarenakan objek ini pertama kali dibuat. Objek berikutnya adalah kotak biru, kemudian lingkaran merah, yang paling terakhir dibuat adalah kotak hijau. Urutan ini secara otomatis akan dibuat.
Kita dapat mengubah urutan sesuai dengan posisi yang diinginkan. Tool yang digunakan adalah tombol keyboard :
[shift] + [PgUp] = digunakan untuk menempatkan objek terpilih menjadi paling atas
[shift] + [PgDn] = digunakan untuk menempatkan objek terpilih menjadi paling bawah
[ctrl]+ [PgUp] = digunakan untuk menempatkan objek terpilih satu tingkat ke atas
[ctrl]+ [PgDn] = digunakan untuk menempatkan objek terpilih satu tingkat ke bawah
Cara penggunaan :
corel order 2.gifPada gambar diatas kita akan menaruh kotak biru menjadi diatas lingkaran merah. Pilih kotak biru, kemudian tekan [ctrl]+ [PgUp] sekali. Tekan sekali lagi untuk membuat kotak biru di atas kotak hijau.
Sekarang jika kita akan menaruh lingkaran merah menjadi paling atas, pilih lingkaran merah, kemudian tekan [shift] + [PgUp] sekali.
Anda mungkin memerlukan latihan lebih lama untuk dapat memahami prinsip ini.
Operasi penggabungan dan pemisahan objek <<
Setiap objek yang kita buat dengan tool gambar, akan menghasilkan sebuah objek dengan masing-masing karakter yang kita spesifikasikan sendiri. Untuk membuat objek yang kompleks, diperlukan beberapa langkah untuk menggabungkan beberapa objek, sehingga didapatkan suatu gambar yang menarik. Kita akan membahas 2 cara menggabungkan objek beserta cara menguraikannya.
  1. Group objek
Yang dimaksud disini adalah menggabungkan lebih dari satu objek yang sudah disusun sedemikian rupa. Proses ini akan membuat objek gabungan dengan posisi atas-bawah. Objek-objek akan menempel sesuai dengan urutan yang dibuat pada saat menggambar. Untuk membuat group, pilih semua objek yang akan disatukan, kemudian klik kanan, pilih group (ctrl-G). Atau melalui properti bar Group.
corel group.gif(simbol dari kiri ke kanan = Group , Ungroup , Ungroup All).
Untuk memisahkan objek yang telah di group, pilih group yang akan dipisahkan, klik kanan pilih Ungroup. Atau melalui properti bar. Opsi Ungroup All adalah memisahkan objek yang digroup beberapa kali (Beberapa group yang telah dibuat, dapat dibuat group lagi, sehingga menjadi group bertumpuk).
  1. Operasi boolean
corel weld.gifOperasi boolean adalah operasi penggabungan objek dengan metode matematis boolean (penambahan-pengurangan). Di bawah ini adalah tabel fungsi masing-masing tombol dari kiri ke kanan.
TOMBOL
NAMA
FUNGSI dan CARA
1
Weld
Menggabungkan semua objek terpilih menjadi satu objek. Objek yang berpotongan akan dihilangkan, dan akan terbentuk objek baru hasil penggabungan.
Pilih semua objek yang akan di gabung kemudian klik tombol ini
2
Trim
Melubangi objek dengan objek lain. Objek yang dilubangi akan menjadi objek baru, sedangkan objek pelubang tidak berubah.
· Pilih objek yang akan digunakan sebagai pelubang.
· Dengan tombol shift, pilih objek yang akan dilubangi.
· Tekan tombol trim.
· Jika memilih menggunakan cara drag, maka otomatis objek yang diatas akan menjadi objek pelubang.
· Jika terdapat banyak objek, maka objek terakhir yang dipilih, atau objek yang paling bawah, otomatis akan menjadi objek yang dilubangi
3
Intersect
Membuat objek baru hasil dari perpotongan daerah. Maksudnya setiap objek yang saling menumpuk sehingga objek yang diatasnya akan menutupi objek dibawahnya. Daerah objek dibawahnya yang tertutup oleh objek diatas inilah yang disebut daerah perpotongan.
· Pilih 2 objek yang akan diambil perpotongannya
· Klik tombol ini.
Operasi ini hanya dapat berfungsi pada 2 objek saja. Jika anda memilih lebih dari 2, maka operasi ini akan gagal.
4
Simplify
Ini merupakan fasilitas yang tergolong baru. Fungsinya adalah membuang wilayah dari semua objek terpilih yang saling berpotongan. Ini merupakan pengembangan dari fasilitas Trim.
· Pilih semua objek
· Klik tombol ini
· Objek yang paling atas tidak berubah, namun semua objek di bawahnya akan berkurang. Daerah yang tertutupi objek diatasnya akan hilang.
5
Front minus Back
Sesuai dengan namanya, fungsi tombol ini adalah membuang area yang berpotongan dengan objek lain. Objek paling atas akan menjadi objek baru yang di buang area perpotongan dengan objek di bawahnya. Objek-objek dibawahnya akan terhapus.
· Pilih semua objek
· Klik tombol ini
· Akan terbentuk objek baru hasil operasi ini
6
Back minus Front
Ini adalah kebalikan dari operasi Front minus Back. Sehingga fungsinya dan caranya sama, namun memiliki hasil kebalikan.
7
Create New Object….
Membuat objek baru dengan menggambar garis terluar dari semua objek terpilih. Fungsinya sama dengan operasi weld, namun objek lama tidak akan terhapus (tetap utuh).
Pilih semua objek yang akan di gabung kemudian klik tombol ini
Contoh penerapan :
corel weld ex.gif
Dari 3 objek yang dilakukan operasi weld
corel f-b.gif
Dari 3 objek yang dilakukan operasi Front minus back
Objek hasil dari operasi boolean adalah objek baru yang tidak dapat dipisahkan seperti pada proses group. Objek ini menjadi objek kurva, sehingga anda dapat merubah bentuknya dangan curve tool. Namun pada kasus tertentu, objek yang dihasilkan dengan operasi boolean dapat dipisahkan dengan syarat memiliki beberapa kurva tertutup yang tidak saling menyambung.
  1. Combine object
Cara ini akan menggabungkan beberapa objek menjadi satu objek namun memilliki banyak kurva didalamnya. Tidak seperti operasi boolean, combine objek tidak menghilangkan objek-objek penyusunnya. Karena hasilnya merupakan satu objek, maka properti outline maupun fillnya tidak dapat di beda-bedakan. Penyusunan warna hasil pertumpukan objek adalah berselang-seling. Daerah yang berdekatan dengan area luar akan mempunyai fill, kemudian bila didalamnya terdapat kurva tertutup lagi, maka akan menjadi daerah lubang. Begitu seterusnya.
corel combine.gif
Gambar sebelah kiri di atas adalah beberapa objek yang akan di combine. Untuk meng-combine, pilih semua objek ini, kemudian klik tombol combine (ctrl-L) (pada properti bar di sebelah tombol group). Atau dengan klik kanan pilih combine.
Gambar disebelah kanan adalah hasil dari operasi combine, kemudian di berikan warna hijau. Terlihat jelas warna yang berselang-seling antara hijau dan lubang. Objek hasil combine ini dapat dipisahkan lagi dengan tombol Break Apart (ctrl-K) (lihat properti bar setelah anda memilih objek hasil combine).
Combine tool >> corel combine icon.gif <<Break Appart
kedua icon diatas akan aktif hanya salah satu saja. jika memilih banyak objek yang aktif hanya combine tool saja.

No comments:

Post a Comment