Kita lanjutan dari yang kemarin. Baca bagian sebelumnya. Mengenal 3dsmax-1
Corner : membentuk titik ujung garis lurus
Bezier Corner : membentuk garis lengkung dengan 2 / 3 garis singgung
Smoth : membentuk garis lengkung tanpa garis singgung
Latihan modifikasi :
- merubah bentuk line menjadi bentuk berbeda dengan memindah titiknya.
- menambah dan mengurangi titik
- mengganti garis lurus menjadi garis lengkung, dan sebaliknya.
- memindah segmen garis untuk membentuk spline lain namun tetap satu kesatuan
Bantuan : Gunakan transform tool untuk memodifikasi subobjek
Editable Spline
Modelling 3 dimensi
Membuat model objek 3 dimensi, merupakan pekerjaan yang menyenangkan.
Contoh : Box ini memiliki 3 segmen panjang, 2 segmen lebar dan 4 segmen tinggi. |
Dalam objek 3 dimensi terdapat satu parameter "segmen". Ini digunakan guna menentukan jumlah face / segmen pada satu sisi opsi.
Latihan :
1. membuat objek standar, box, cylinder, dll
2. membuat objek dengan ukuran tertentu.
3. membuat objek kompleks tersusun. ( meja, kursi, ruang interior )
Bantuan : Gunakan transform tool untuk memodifikasi objek. Parameter rollout digunakan untuk mengganti ukuran/dimensi objek.
Editable poly
Ini penting dilakukan guna pengembangan objek 3 dimensi yang lebih luas dan sesuai dengan keinginan.
Setelah objek menjadi editable poly, kita dapat melakukan editing lebih lanjut dengan memilih sub objeknya. Dalam mengedit lebih lanjut, ada 2 tool yang sering dipakai guna kepentingan pengembangan objek poly ini.
Extrude : menambah ketinggian pada face
Bevel : menambah ketinggian dengan kemiringan tertentu pada face
Contoh :
Latihan:
1. buatlah meja dengan 4 kaki. Objek awal box dengan segmen 3x3x1
2. buatlah objek kolam dengan box awal bersegmen 3x3x1.
3. buatlah objek lain dalam imajinasai anda.
Contoh lain :
No comments:
Post a Comment