
Walaupun pada model rumah dua lantai yang akan kita buat tidak ada pemakaian tangga spiral, saya ikutkan untuk dipakai sebagai alternatif.
Tips and Trick |
Dynamic Component![]() Sebuah Dynamic Component biasanya juga memiliki beberapa logika tertentu mengenai perilaku komponen ketika diklik dan / atau diubah ukurannya. |
Setelah anda biasa memakai SketchUp, secara natural anda akan bisa membuat bermacam bentuk 3 dimensi tanpa harus memakai komponen semacam ini.
Satuan Ukuran
Secara default, satuan yang dipakai adalah Centimeter. Anda dapat memasukan angka desimal sebanyak yang diperlukan. Anda juga bisa memasukan unit lain selain cm sepanjang entry ukuran tersebut dilengkapi dengan satuan terkait, misalnya 50" atau 3.915m. Setiap saat ukuran-ukuran ini dapat dirubah sehingga kita dapat mencari ukuran dan bentuk yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lapangan.
Animasi
Komponen pintu geser juga memiliki animasi buka tutup supaya terlihat lebih realistis. Komponen tangga tidak memiliki animasi.
Scaling/perubahan ukuran keseluruhan

ukuran secara akurat. Selain itu, ukuran ini komponen juga dapat diubah dengan menggunakan Scale

Untuk komponen tangga, perubahan tinggi tangga otomatis akan menambah/mengurangi jumlah anak tangga sesuai dengan batasan yang sebelumnya kita entry (maksimal tinggi dan minimal lebar anak tangga).
Quick Pintu Geser
Komponen ini akan dapat secara akurat memodelkan pintu geser, model
satu atau dua daun, termasuk animasi buka tutup dengan cara geser.
Pengaturan opsi yang ada pada komponen ini hampir sama dengan yang ada pada komponen Quick-Pintu sebelumnya.
Perubahan tinggi atau lebar komponen ini dapat dilakukan juga dengan memakai Tool Scale.
Pemilihan Double Door atau Single Door ditentukan melalui opsi Banyak
Daun. Untuk pintu Double Door, kedua daun pintu akan mempunyai lebar yang sama yaitu setengah dari keseluruhan lebar kusen.
![]() |
Contoh Aplikasi Pintu Geser |
Quick Tangga


Tinggi/Height (c) adalah jarak antara lantai atas dan lantai bawah.
Tinggi anak tangga/Rise (d) ditentukan oleh nilai Tinggi/Rise Maximum. Component ini akan menghitung tinggi anak tangga aktual ini dengan memperhitungkan tinggi keseluruhan serta lebar anak tangga.
Lebar anak tangga/Going (e) ditentukan oleh Lebar Minimal yang diperbolehkan. Perhitungan lebar actual ini dipengaruhi oleh lebar struktur, namun demikian untuk tangga yang memiliki bordes, Lebar minimal selalu sama dengan lebar aktual.
Panjang anak tangga/Step Width (f) dipengaruhi oleh lebar struktur tangga secara keseluruhan, bentuk tangga dan adanya bordes/spasi pada bordes. Apabila anak tangga terakhir tidak ingin ditampilkan karena menyatu dengan lantai atas, maka Undakan Akhir bisa di set sebagai 'Tidak Ada'
Tips and Trick |
Known Issue Apabila bentuk tangga bagian atas melewati batas footprint (a) dan (b) maka lebar dan panjang yang ditampilkan dalam (a) dan (b) tidak lagi mencerminkan footprint tangga yang sebenarnya. |
![]() |
![]() |
A Straight Quick Stair | Two Straight Quick Stairs |
Quick Tangga Spiral

Tinggi Total/Height (a) adalah keseluruhan tinggi struktur tangga, termasuk railing. Pada saat pertama kali tangga dibuat, tinggi railing agar ditetapkan sebagai 0 cm (tanpa railing). Hal ini untuk mempermudah penetapan tinggi tangga yang dibutuhkan dengan memakai Scale

Diameter tangga adalah lebar keseluruhan tangga yang menjad footprint di lantai bawah. Nilai (b) adalah Radius yang menunjukan ruang yang tersedia untuk berjalan dan lebar dan panjang landing. Nilai (b) ini yang besarnya setengah dari diameter.

Lebar terluar anak tangga /Outer Width (d) akan mempengaruhi pada sudut mana letak anak tangga paling bawah dimulai.
Tool Scale hanya dapat dipakai untuk merubah tinggi total komponen ini. Perubahan arah naik (default naik dari sisi kanan) bisa dilakukan dengan membalik tangga ini memakai Flip on Red Axis.
![]() |
Contoh Aplikasi Tangga Spiral |
Saran Pemakaian
Pemakaian Quick Tangga Spiral biasanya dilakukan sebagai mana berikut:- Taruh tangga di lokasi yang dinginkan,
- Sesuaikan tinggi tangga dengan ketinggian lantai yang dituju.
Untuk mudahnya, pakai Scale
tool dan geser bagian atas kearah yang sesuai dengan tinggi lantai yang dituju.
- Putar arah landing bagian paling atas sesuai dengan sisi landing yang diinginkan. Bilamana perlu, tukar sisi kiri-kanan tangga dengan membaliknya (flip) dengan memakai Context Menu -> Flip Along Component's Red.
- Atur ketinggian undakan maximal dan lebar terluar dari undakan sehingga didapat posisi anak tangga pertama yang paling sesuai. Sesuaikan nilai-nilai ini dengan norma pembuatan tangga agar selain fungsional juga aman dan nyaman dalam pemakaian.
- Tambahkan Hand rail dengan mengisi tinggi yang diinginkan.
Tambahkan juga angka yang sama kepada tinggi total supaya ketinggian
landing tetap sama.
Mendownload dan Menyimpan Quicky Component.

Ambil file "QuickiesPart2.skp" tersebut dan simpan pada lokasi sementara di komputer anda.
Tip & Trick |
Menyimpan komponen yang
diambil langsung dari Warehouse ke
local folder Untuk bisa di Save ke folder local, komponen ini harus kita taruh dulu dalam model. Penyimpanan dilakukan melalui Window Component. Klik tombol In Model ![]() |
No comments:
Post a Comment