Pages

Wednesday, January 18, 2012

Animasi Sketchup

Seperti yang pernah saya muat pada tulisan saya yang pertama bahwasannya google sketchup juga dapat digunakan untuk membuat animasi, tulisan saya kali ini akan menjelaskan cara membuat animasi sederhana dengan menggunakan google sketchup.
Sebelum kita membuat animasi, buatlah gambar sederhana disketchup 7 anda, misalnya sebuah rumah, meja, kursi dlln, contoh :
Setelah gambarnya selesai, berikutnya adalah kita akan menentukan lama animasinya untuk masing-masing scane yang terbentuk caranya klik View – klik animation dan setting.
nanti akan muncul tampilan seperti dibawah :
disini kita bisa mengatur lama masing-masing scene, klik tanda panah keatas/kebawah untuk menambah atau mengurangi waktu dari scene transition dan scene delaynya, biasanya settingan dari sketchupnya sudah cukup bagus.
Selanjutnya kita akan menambahkan scene pada tampilan sketchup yang akan dibuat animation, caranya klik view- klik animation- klik add scene
nanti akan akan muncul tampilan seperti dibawah :
Scene 1 yang terbentuk kita gunakan untuk membuat animasinya caranya gerakkan gambar saudara misalnya diputar dengan menggunakan tool orbit atau menggunakan mouse anda untuk membuat gerakan membesar/mengecil, anda bisa menambahkan scene sebanyak mungkin untuk dapat menampilkan animasi dari gambar anda caranya sama seperti diatas atau dengan cara klik kanan scene 1 – klik add nanti akan terbentuk scene berikutnya
Setiap scene baru yang terbentuk buatlah gerakan yang berbeda, setelah anda merasa cukup untuk membuat animasi lihat hasil animasi anda dengan cara klik view – klik animation – klik play.
anda bisa melihat hasil animasi yang dibuat, jika menurut anda kurang bagus anda bisa menghapus scenenya dan mengulang untuk membuatnya lagi dengan cara klik kanan scene yang akan dihapus lalu delete.
Setelah anda merasa hasil animasinya memuaskan anda bisa menyimpan hasil animasinya. Sketchup sendiri menyediakan format avi untuk penyimpanan file animasi anda, dengan cara klik file – klik export – klik animation :
nanti akan muncul tampilan berikut :
anda bisa mensetting output video yang dihasilkan dengan cara klik option pada tampilan diatas nanti akan muncul tampilan berikut :
Kalau anda sudah setting tinggal klik export butuh waktu beberapa saat untuk mengkonvert animasi anda..dan anda bisa lihat hasilnya difile yang sudah terbentuk.
Demikianlah tuorial tentang pembuatan animasi sederhana menggunakan sketchup, Selamat mencoba…

2 comments: